29 Maret, 2023

AI Penakluk Dunia Editing Video: Apakah Mengancam Pekerjaan Video Editor?

Tahukah kamu bahwa kecerdasan buatan (AI) kini semakin mengancam keberadaan alat-alat editing video tradisional seperti Adobe Premiere Pro, bahkan bisa dikatakan mengancam perkerjaan Editor Video? 


Sekarang kita bisa melihat maraknya kabar kecanggihan AI dalam dunia editing gambar, video, dan suara dan semakin berkembang hari demi hari menjadi lebih baik dan lebih sempurna.

Salah satu AI yang mampu membantu dalam proses editing video adalah ChatGPT. AI ini dapat menjadi teman editing video yang keren jika kita tahu cara menggunakannya. 

Dengan mengajukan beberapa pertanyaan spesifik, misalnya cara membuat animasi Title Text sederhana di Premiere Pro atau cara mengedit di after effect, ChatGPT akan memberikan penjelasan rinci langkah demi langkah bagaimana cara melakukannya. 

AI ini juga bisa membantu untuk hal-hal kecil, seperti mengingatkan cara memuat plugin VST atau memberikan solusi untuk mengatasi kesulitan dalam mengambil kunci layar hijau.

AI lain yang perlu kita kenal juga adalah Adobe Podcast. AI ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas suara kita. Dengan mengikuti langkah-langkah manual yang diberikan, kita dapat membandingkan hasil suara yang ditingkatkan oleh Adobe Podcast dengan hasil manual yang kita buat.

Selanjutnya, ada AI bernama Voicecut yang dapat membantu memotong video kita secara otomatis. Selain memotong, aplikasi ini juga dapat menghasilkan teks terjemahan dan melakukan zoom in dan zoom out secara otomatis untuk menyembunyikan potongan.

Runway adalah AI lain yang memiliki berbagai fungsi, seperti menghapus latar belakang, membuat gerakan lambat (slow motion), dan pelacakan gerak (motion tracking). Dengan Runway, Anda dapat dengan mudah melacak objek dalam video tanpa harus menggunakan Adobe After Effects atau melacak secara manual di Premiere Pro.

Adobe Sensei, AI yang menggerakkan semua program Adobe. AI ini mampu mengendalikan AI lainnya dan bahkan mengajarkan kita cara menghasilkan subtitle langsung di Premiere Pro. Dengan Adobe Sensei, kita dapat menghasilkan subtitle dalam waktu singkat dan mudah.

Software video editing populer lainnya yang juga menggunakan AI adalah Capcut, bukan hanya di smartphone, kini juga sudah tersedia versi PC juga, mengedit video menjadi lebih mudah dan cepat, bahkan siapapun akan mahir mengedit video dengan Capcut. 

Fiturnya yang sangat berguna, bisa menghapus latar belakang otomatis, menulis lirik atau subtitle otomatis dalam berbagai bahasa, Hinga fitur efek untuk merias wajah atau yang dikenal dengan beauty Effect. 

Di dalamnya juga tersedia ribuan template yang bisa digunakan, ini dibuat oleh komunitas cretor template capcut. Kabar baiknya lagi Capcut gratis tanpa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengedit di software ini. Hanya saja beberapa fitur pro yang terkunci, namun tidak mengurangi manfaat dan kegunaan yang bisa diambil pada versi gratis.

Maraknya kemunculan software editing dengan fitur AI pastinya semakin mempersempit lapangan kerja video editor, jika mungkin dulu bisa membuka jasa editing video untuk keperluan sederhana, maka sekarang akan lebih sulit karena setiap orang bisa melakukannya sendiri.

Jadi, meskipun AI semakin mengancam dunia editing video, kita dapat memanfaatkan kecanggihan mereka untuk menjadi editor video yang lebih baik lagi. Pelajari cara mengintegrasikan AI ke dalam alur kerjamu dan tetaplah kreatif!

Senang menulis dan berbagi, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan atau kurang kurang dipahami, Terimakasih telah berkunjung.