16 Agustus, 2017

Cara Agar Video Youtube Mudah dicari dan Banyak yang Nonton

Semoga saja tips berikut ini dapat membantu teman-teman yang ingin menjadi youtuber atau yang baru memulai untuk terjun ke dunia YouTube.

Perlu diketahui YouTube adalah mesin pencarian canggih yang memiliki algoritma khusus dalam mendeteksi setiap video yang diunggah oleh penggunanya.

Bayangkan video yang berjumlah milyaran di YouTube akan disajikan kepada penonton yang mencari video dengan berbagai judul dan ada ribuan bahkan ratusan ribu video yang memiliki kata kunci yang sama, namun mesin canggih youtube tersebut bisa mendeteksi dalam pencariannya hingga menyajikan data video yang paling relevan kepada pengunjung.

Nah, ketika kita sudah tahu bahwa YouTube memiliki algoritma khusus, jadi kita perlu membuat suatu strategi untuk memudahkan mesin pencarian menemukan video kita, beberapa hal tentunya harus kita persiapkan agar video kita bisa dengan mudah ditemukan, walaupun Harus bersaing hebat bersamaan dengan video-video youtuber lainnya.

Untuk membuat video supaya mudah ditemukan oleh pengunjung ada beberapa poin penting yang harus teman-teman ketahui.

Anggap saja teman-teman sudah memiliki channel atau saluran YouTube dan memiliki beberapa video yang sudah siap untuk di unggah ke YouTube.

Unggahlah video ke YouTube hal yang harus ketahui jika video tersebut memang sedang tren atau video tersebut kemungkinan akan menjadi viral dan sebagainya supaya mudah ditemukan maka teman-teman harus melakukan optimasi.

1. Judul

Optimasi judul jangan sembarangan bila teman-teman ingin video ditemukan dengan mudah maka coba tips sederhana ini,
Di Kolom pencarian YouTube bisa kita temukan ide untuk menemukan judul video kita yang tepat dan kata kunci tersebut tentunya sudah pernah dicari orang.

Setiap kita ingin mencari video di YouTube dengan mengetik di Kolom pencarian maka YouTube akan memberikan sugesti kepada kita judul-judul video yang ada di database mereka , dan pernah dicari orang.

Manfaatkan kata kunci turunan disugesti tersebut menjadi kata kunci utama judul video anda.

Contoh judul video anda:
"Ayam Jantan Berkokok"

Coba ketik di kolom pencarian youtube adakah kata kunci tersebut, jika ada berarti anda harus banyak bersaing dengan video-video lainnya.

Lalu periksa dibawah kata kunci anda, tentu ada sugesti bukan?

Contoh:
- "Ayam Jantan Berkokok merdu"
- "Ayam jantan berkokok nyaring"
Dll.

Disini anda bisa menemukan judul yang tinggal anda poles dengan beberapa kata kunci lainnya sehingga terlihat lebih menarik.
Contoh: " ayam Jantan Berkokok Termerdu di dunia"
Tambahkan kata-kata lain yang sesuai dengan konten video anda.

2. Deskripsi.

Deskripsi adalah penjelasan singkat tentang isi keseluruhan video anda, deskripsi juga memiliki peran penting untuk lebih mudah mesin pencarian YouTube menemukan video anda ketika anda menulis deskripsi maka Tulislah beberapa kalimat atau Buatlah sebuah paragraf yang memiliki kata kunci seperti judul video Buatlah rangkaian kalimat sehingga terlihat lebih enak dibaca.

3. Tag

Tag adalah kata kunci utama yang menjelaskan tentang inti video, bila video Anda berisi cerita tentang ayam, seharusnya tag nya adalah "ayam," "ayam jantan," "ayam nyaring," "ayam berkokok," dan sebagainya.
Ini hanyalah sebagai contoh, namun jika video anda memiliki konten yang berbeda tentunya sesuai dengan konten video anda.

3 hal diatas adalah salah satu kunci utama keberhasilan video Anda mudah ditemukan oleh mesin pencarian YouTube, namun hal-hal yang harus anda perhatikan di lain kesempatan adalah dengan membuat video-video yang memiliki nilai yang bagus serta original yang memiliki manfaat buat orang lain.

Jadi bikin video nicle sesuai dengan saluran , Bila kita memiliki banyak video sebaiknya kita kelompokkan video itu dalam satu saluran saja.

Pisahkan antara video tentang teknologi militer dengan video kesehatan, pisahkan video pertanian dengan video tentang makhluk gaib, dan seterusnya. Buatlah saluran khusus sesuai dengan temanya supaya pelanggan anda bisa menemukan video yang sesuai selera mereka.

Supaya video tersebut tidak menjadi video gado-gado bercampur aduk serta sangat sulit untuk menemukan subscriber karena kita tidak konsisten dengan isi konten.

jika konten tersebut dalam satu saluran yaitu konten yang memiliki nicel yang sama pemirsa akan semakin lebih gampang atau lebih mudah dalam melakukan pencarian video yang sama dalam satu saluran.

Bila memungkinkan buatlah video yang sedang trend atau booming akan membuat pemirsa lebih mudah menemukan video Anda apalagi videonya sedang diperbincangkan banyak orang di media sosial.

Juga Perbanyaklah jumlah koleksi video dengan mempunyai banyak video pemirsa akan lebih penasaran untuk melihat video lainnya yang disarankan untuk mereka ketika mereka selesai menonton video pertama dan memiliki banyak video kemungkinan besar akan memperoleh banyak pelanggan dan membesar jumlah tontonan.

Seharusnya Anda juga tidak hanya menunggu orang-orang mencari video Anda cobalah untuk membagikan video Anda ke media sosial bagikan tautan video Anda ke Facebook Twitter dan sebagainya.

Demikian sedikit informasi semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin bergabung atau sedang menjalani masa-masa membangun channel YouTube Semoga berhasil dan sukses dan jangan lupa untuk terus berkarya Jangan mudah putus asa Carilah informasi informasi yang bermanfaat lainnya yang tidak ada di sini mungkin ada di tempat lain.

Senang menulis dan berbagi, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan atau kurang kurang dipahami, Terimakasih telah berkunjung.