12 Juni, 2019

Darimanakah Sumber Youtuber Mendapatkan Uang?


Youtuber atau pembuat konten video di youtube memang bukan sekedar menjadi hobi saat ini, sejak video sudah bisa di monetisasi atau dijadikan sebagai ladang untuk mencari uang maka kegiatan seorang youtuber sudah berubah menjadi profesi layaknya pekerja offline tang mendapatkan gaji bulanan pada umumnya. 

Gaji youtuber beraneka ragam, ada yang bisa gajian 3 bulan sekali, 2 bulan, dan yang paling beruntung bisa dapat gajian sebulan sekali, karena besarnya pendapatan sangat tergantung kepada banyaknya viewer video suatu channel yang dikelolanya. Jadi jangan heran jika ada youtuber dengan pengasilan pas-pasan dan ada juga yang sudah sanggup membangun rumah dan membeli mobil mewah. 

Baiklah, disini saya tidak ingin membahas masalah seberapa besar gaji youtuber, tetapi ingin menyampaikan beberapa info tentang sumber pendapatan atau asal usul uang yang mengalir ke kantong seorang youtuber, kenapa ini perlu diketahui? Karena beberapa orang yang belum begitu paham tentang dunia adsense, bisa dibilang sangat awam tentang hal tersebut, mereka berpikir bahwa sumber pendapatan Youtuber adalah dari kuota internet yang dipotong saat pemirsa menonton video. 

Tentunya ini keliru, kuota internet berfungsi untuk mengakses internet dan youtuber tidak mendapatkan apa apa dari kuota yang digunakan saat videonya ditonton, walau memang ada kaitannya juga dengan paket data internet, namun bukanlah karena hal tersebut youtuber menghasilkan uang, pemotongan kuota adalah kebijakan operator seluler dan biaya yang dibebankan kepada kostumer dibayar hanya kepada operator seluler bersangkutan 


SUMBER PENDAPATAN YOUTUBER

1. Iklan Google Adsense

Setiap video yang sudah layak untuk di monetisasi atau dipasang iklan, maka akan memunculkan tayangan iklan dalam bentuk video, contohnya saat kamu melakukan pemutaran video di youtube tiba tiba muncul iklan dalam durasi beberapa detik, dan iklan ini bisa kamu "Skip" dibagian pojok kanan bawah dalam jangka waktu tayang 5 detik.

Apabila seseorang melalukan klik pada link iklan yang tayang, maka akan memberikan pendapatan sedikit lebih besar kepada pemilik video, dibandingkan iklan yang hanya bersifat impresi. Bayaran per klik tergantung settingan pengiklan dengan google adword.

Secara bahasa sederhana, maka kita  simpulkan bahwa yang membayar Youtuber adalah tukang iklan, contohnya kamu melihat iklan Tokopedia di salah satu video, maka Tokopedia akan ditagih oleh google untuk membayar setiap tayangan iklan tersebut kepada youtuber. Tentunya dengan berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Kok Google yang membayar, ya karena youtube itu miliknya google, namun divisinya berbeda beda, khusus iklan ada google adword yang membidangi jasa periklanan. Sedangkan youtube hanyalah wadah untuk publiser menyajikan konten mereka. Saya rasa disini kamu sudah memhaminya.

2. Endorse

Berbeda dengan iklan google adsense, seperti yang sudah kamu baca di point pertama, endorse adalah kegiatan mempromosikan atau mengiklankan jasa atau produk orang lain tanpa terikat dengan google adsense, misalnya kamu punya channel youtube youtube yang cukup berkembang dengan jumlah subscriber banyak, sehingga mengundang minat orang lain untuk mempromosikan bisnisnya di video kamu, bisa berupa disuruh untuk review barang seperti barang elektronik, fashion, kosmetik, kuliner, dan sebagainya sesusuai dengan konten yang ada di dalam channel kamu. Pengiklan akan menghubungi kamu melalui email bisnis yang telah kamu masukkan di bagian TENTANG channel kamu.

3. Donasi

Penonton yang mendukung atau membutuhkan update konten video dichannel kamu tidak ingin kamu berhenti memberikan unggahan video terbaru, mereka akan memberikan kamu donasi berupa uang atau barang yang sekiranya bermanfaat untuk keberlangsungan channel.

Demikian sedikit ulasan darimana sumber pendapatan youtuber, semoga bermanfaat.

Senang menulis dan berbagi, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan atau kurang kurang dipahami, Terimakasih telah berkunjung.